MenuMenu Cart
Your shopping cart is empty!


Selain masuk angin, penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kaus kaki basah ini cukup bikin masalah.


Di musim hujan, mereka yang memakai sepatu di setiap aktivitasnya selalu meremehkan kaus kaki basah. Dengan alasan tak ada kaus kaki lain atau hal lain sebagainya, kaus kaki yang sudah lembab tetap dipakai tanpa melihat risikonya. Padahal, tak hanya menciptakan bau yang mengganggu, kaus kaki basah dapat menyebabkan penyakit yang cukup mengganggu. Penyakit apa saja?

Ruam

Ruam adalah peradangan kulit yang ditandai oleh perubahan warna kulit, terasa gatal, benjol, bersisik, hingga iritasi. Penyebab utama ruam tidak lain adalah jamur.

Kaus kaki basah merupakan tempat favorit jamur penyebab ruam. Parahnya lagi, bakteri juga membuat kondisi kaus kaki jadi semakin parah. Bakteri dan jamur ini jugalah penyebab bau kaki yang menyengat.

Lecet dan Melepuh

Kaus kaki memang dibuat dengan bahan yang halus. Namun ketika basah, bahan ini dapat berubah menjadi kasar dan sedikit kaku. Gesekan antara kulit kaki dan kaus kaki basah ini menyebabkan kaki lecet dan bahkan melepuh.

Kondisi basah membuat kaki menjadi rapuh. Lecet dan melepuh akan memburuk sehingga menjadi luka terbuka pada kulit.

Trench foot

Penyakit ini sering terjadi pada prajurit perang dunia pertama akibat kondisi kaus kaki dan sepatu basah pada suhu dingin dalam kurun waktu yang cukup lama. Kondisi ini menyebabkan kerusakan pada kulit kaki, syaraf hingga pembuluh darah.

Gejala yang terlihat pada trench foot antara lain: kaki yang tampak melepuh, pucat dan berkerut. Pada kondisi yang berkelanjutan, kaki akan terasa kesemutan, kaku dan berat. Gejala akan terasa lebih parah ketika kaki membengkak, merah dan terasa sakit.

Kutu air

Kutu air disebabkan oleh infeksi jamur yang berkembang di sela-sela lipatan jari kaki. Gejala yang terjadi antara lain: ruam merah, gatal, panas sedikit perih, kulit pecah-pecah dan terkelupas. Sebaiknya berhati-hati ketika menggaruk area yang terinfeksi karena tangan bisa juga terinfeksi jamur serupa.

Frostbite

Penyakit dengan nama lain radang dingin ini akan terjadi apabila kaus kaki basah dipakai dalam waktu yang cukup lama dalam kondisi suhu dingin. Akibatnya jaringan tubuh akan membeku dan rusak. Gejalanya antara lain: kulit dingin, sensasi kesemutan hingga kulit yang kemerahan.

Karena tergolong cukup berat, penyakit ini dapat pulih dalam kurun waktu beberapa minggu. Bahkan, dalam kondisi paling parah, frostbite dapat menyebabkan matinya sejumlah jaringan tubuh yang berakibat kecacatan dan perubahan warna kulit.

 

Sangat dianjurkan untuk mengganti kaus kaki basah apapun alasannya. Jaga kelembapan kaki dengan mengenakan alas kaki berbahan dingin seperti serat mesh. Selain sirkulasi udara tetap mengalir, serat mesh juga cepat kering saat dipakai beraktivitas. Sehingga, jamur dan bakteri akan kesulitan untuk berkembang biak.

Semoga bermanfaat!

 

Related Blog

Customer Service

  • +6289682257484
  • +6289682257484
  • @ojk7412m
  • Contact Us

 

  • www.gpsandal.com
  • info@gpsandal.com
Positive SSL
Connect with Us
GOLD PIGEON SANDALS © 2020 | Made by Bukatoko®