MenuMenu Cart
Your shopping cart is empty!


Malam makan enak, paginya kok susah jalan?


Seberapa sering kamu mengalami radang sendi yang diakibatkan oleh kelebihan asam urat? Masalah kelebihan asam urat ini sering disebut sebagai gout, sebuah kondisi terjadinya peradangan akibat penumpukan asam urat yang mengkristal di sendi. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang tiba-tiba, bengkak hingga radang pada sendi.

 

Umumnya, sendi yang terdampak adalah jari-jari kaki, pergelangan tangan, lutut dan tumit. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh produksi purin berlebih yang ditemukan dalam banyak makanan.

 

Gout kambuh saat malam hari dan terjadi selama 3-10 hari. Cara yang paling ampuh untuk mengatasinya tidak lain adalah dengan mengurangi jumlah purin yang dikonsumsi. Membatasi purin akan sangat membantu mencegah timbulnya serangan gout sekaligus membawa kebiasaan makan yang baik.

 

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang wajib dihindari saat menderita asam urat.

 

Daging Merah dan Jeroan

Daging jeroan seperti hati, ginjal, ampela dan otak sebaiknya dihindari karena mengandung tinggi purin. Sudah banyak studi yang membuktikan bahwa makanan berpurin tinggi adalah penyebab utama masalah asam urat. Selain daging jeroan, daging merah seperti daging kalkun, daging sapi muda, daging rusa serta ginjal sapi juga kurang baik bagi penderita asam urat.

 

Kerang

Salah satu jenis makanan utama yang paling sering dihindari adalah kerang, lobster dan udang. Ikan teri, sarden, makarel, herring, kod juga termasuk makanan sari laut yang perlu dihindari.

 

Karbohidrat halus

Tak hanya lauk, makanan pokok yang berkarbohidrat seperti roti terigu, nasi putih dan pasta juga perlu dikurangi. Gula yang terkandung di dalamnya memengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. Selain asam urat, karbohidrat olahan juga kerap dikaitkan dengan obesitas dan diabetes.

 

Makanan beku

Di supermarket seringkali kita temukan makanan awetan beku yang tidak hanya enak tapi juga dapat dinikmati secara instan. Ternyata, makanan olahan jenis ini juga merupakan salah satu jenis makanan yang kurang baik bagi penderita asam urat. Makanan jenis ini dapat menyebabkan gout karena mempercepat peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

 

Minuman manis

Saat menderita asam urat, gula kurang baik bagi tubuh. Saat dicerna tubuh, gula mampu melepaskan purin sehingga asam urat muncul dan bertumpuk. Selain itu, kandungan fruktosa dalam minuman manis memicu peningkatan kadar asam dalam tubuh.

 

Alkohol

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa alkohol merupakan salah satu sumber purin yang cukup besar. Penelitian lain menemukan bahwa terdapat korelasi langsung antara konsumsi bir dengan tingkat asam urat dalam tubuh. Hal ini juga didukung oleh temuan lain yang menyatakan bahwa anggur juga meningkatkan risiko serangan asam urat. Sebaiknya sangat dianjurkan untuk menghindari alkohol selama asam urat kambuh.


 

Sebaiknya segeralah berkonsultasi ke dokter apabila asam urat terasa lebih parah. Minimalisir rasa sakit dengan menghindari makanan tinggi purin serta penggunaan alas kaki yang empuk untuk mengurangi tekanan pada tumit dan lutut saat melangkah.

 
 

Related Blog

Customer Service

  • +6289682257484
  • +6289682257484
  • @ojk7412m
  • Contact Us

 

  • www.gpsandal.com
  • info@gpsandal.com
Positive SSL
Connect with Us
GOLD PIGEON SANDALS © 2020 | Made by Bukatoko®